Selasa,29 Agustus 2023, Bertempat di SMK PAB 2 Helvetia Pukul 14 : 00 / 17 : 00 Wib .SMK PAB 2 Helvetia Mengadakan Kegiatan Workshop Pembelajaran Guru di Kelas, dengan Agenda penyusunan Modul ajar kurikulum merdeka dan pelayanan peserta didik Berdiferensiasi . Kegiatan ini dihadiri oleh 40 guru peserta pelatihan yang terdiri dari pengawas SMK PAB 2 Helvetia Ibu Kitarukur Br Ginting dan Bapak Irmewanto Manurung .

Dalam kegiatan tersebut membahas tentang dalam penyusunan modul ajar agar efektif dan Berdiferensiasi perlunya mengetahui perinsip – perinsip penyusunan modul ajar . prinsip – prinsip penyusunan perlu memperhatikan pendekatan melalui tahap perkembangan dan perlu memperhitungkan be-berapa hal dihantaranya sebagai berikut,

  1. Karakteristik kompotensi dan minat peserta didik di setiap fase.
  2. Perbedaan tingkat pemahaman dan variasi jarak anatara tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase.
  3. Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik.
  4. Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan
  5. Kelima, tingkat kematangan setiap peserta didik dan merupakan dampak dari pengalamanya sebelumnya

 Jadi disi di jelaskan tips membuat modul terbuka untuk kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan cara penyusunan RPP pada kurikulum K 13. Letak perbedanya hanya pada penyebutan perangkat pembelajaran saja . berikut langkah – langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagi berikut yaitu :

  1. Menganilisis kondisi dan keperluan siswa seperti kondisi latar belakang kelurga ekonomi dan kondisi satuan pendidikan seperti sarana dan prasarana .
  2. Memperhatikan profil pelajaar pancasila sebagai dasar acuan penyussunan tips membuat modul ajar kurikulum merdeka mengajar selanjutnya yaitu memperhatikan profil pancasila
  3. Menentukan alur tujuan pembejaran, guru juga dapat memilih atau menyesuaikan alur tujuan pembelajaran yang di tentukan sekolah dengan alur tujuan pembelajran yang ada .

Menyusun modul ajar berdasarkan elemen komponen yang telah tersedia komponen inti bisa diperoleh dan informasi dan kegiatan yang telah dilakukan pada langkah ketiga di atas yang selanjutnya di sesuaikan kembali dengan kondisi serta kebutuhan siswa, guru serta sekolah sebagai satuan pendidikan . 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *