Senin, 22 Juli 2024 .s/d Selasa, 23 Juli 2024 Bertempat di SMK PAB 2 HELVETIA,
Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah sebuah acara atau kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan Pendidikan Dunia Kerja / Indistri , sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan ( SMK ) Pada perubahan revolusi indistri 4.0 muncul pekerjaan baru yang harus diperlukan adalah cara kerja baru ( alih teknologi ) pada semua jenis pekerjaan.Perubahan zaman dan tantangannya tidak bisa dihindari, sehingga pembelajaran perlu mengikuti dinamika .
Perubahan zaman yang mencakup perubahan teknologi sosial dan lingkungan workshop ini adalah kesempatanbagi kamu untuk merancang pendekatan pembelajaran yang menggabungkan teori dan praktik sehingga siswa kami siap untuk menghadapi tantangan di dunia usah adan dunia industri untuk penyelarasan kurikulum Berbasis DUDI untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak capaian umum pad aakhir fase f peserta bdidik akan mamou mengimplementasikan bahasa pemograman , basis data dan aplikasi desain untuk mengembangkan perangkat lunak yang mampu beroperasi pada berbagai perangkat atau teknologi terkini.
Capaian perelemen pada Basis Data adalah pada akhir face f peserta didik mampu memahami , menerapkan , dan mengomunikasikan pengertian, konsep struktur, hierarki, aturan komponen, instalasi, dan dasar administrasi basis data secara materi atau berkelompok untuk penyimpanan data yang seharusnya menggunakan cloud agar memori pada gawai tidak kepenuhan pada pemrograman berbasis grafis, bahasa pemrograman berbasis grafis umumnya lebih muda dipelajari oleh pemula dibandingkan bahasa pemrograman berbasis teks karena menggunakan antara visual yang intuitif dan drag – and drop untuk membangun program.
Hal ini memungkinkan siswa untuk fokus pada logika program tanpa harus menuliskan banyak kode , diantaranya setelah Blockly, App Inventor , Kode dan Glame Maker Studio pada materi pemrograman web, terdiri dari , HTML ( Hyper Text Markup Language ) Css ( Cascading Style Sheets ) , javascript . Konsep dasar pemrograman web, alat dan teknologi pemgroman web elemen pada materi pemrograman perangkat bergerak peserta didik mampu mendokumentasikannya dan mempresentasikan aplikasi perangkat yang bergerak yang telah dikembangkan.
Materi pemrograman perangkat bergerak , pengantar pemrograman perangkat bergerak, persiapan lingkungan pengembangan, dasar – dasar pemrograman, pengembangan antar muka pengguna ( UI ), menyimpan data sederhana , pengenalan intens dan aktivities , proyek mini, Disertasikan dalam kurikulum pada semester 1 terdiri dari :
a) Dasar Algoritma dan pemrograman ( scratch atau block )
b) Logika
c) HTML
d) Javascript
e) Dasar desain grafis
f) pengantar teknologi informasi.
Semester 2 terdiri dari :
a) UI/UX
b) Phiyton /ctt/pascal
c) HTML 5.0
d) Typescript Fundomental
e) Basis data
f) Desain grafis
Semester 3 terdiri dari :
a) PHP
b) Mysal
c) Optimal
d) Desain grafis
Senester 4 terdiri dari :
a) Multimedia
b) Bisnis Digital
c) Produk kreatif dan kewirausahaan
Pada semester 5 terdiri dari :
a) Project Aplikasi Web
b) Project aplikasi mobile
c) Project digital marketing
Dan pada semester 6 seluruh siswa kelas XII melakukan prakerin
Penyelarasan kurikulum menuju kepada proses mengkaji semula dan menyesuaiakan kurikulum pendidikan sebagai relevan dengan keperluan semasa , objektif pendidikan serta kemajuan dalam bidang pendidikan dan teknologi . Ini termasuk memastikan isi kandungan pembelajaran , kaedah pengajaran dan penilaian yang digunakan sejajar dengan dunia industri adalah proses memastikan bahwa isi kandungan dan kemahiran yang diajar dalam kurikulum pendidikan sepadan dengan keperluan pasaran kerja dan industri, ini melibatkan mengintegrasikan kemahiran, pengetahuan dan kebolehan yang diperlukan oleh pekerjaan di dalam kurikulum pendidikan , Tujuannya adalah untuk mempersiapkan peserta didik dengan kemahiran praktikal dan teoritikal yang relevan, meningkatkan peluang pekerjaan di dalam kurikulum pendidikan.
Tujuannya adalah untuk mempersiapkan peserta didik dengan kemahiran partikel dan teoritikal yang relevan, menungkatkan peluang pekerjaan, dan memenuhi keperluan industri yang semakin berkembang pesat, kurikulum yang diselaraskan dengan dunia industri yaitu pemodelan gim yang menurut industri dalam desain mekanika gim ( game mechanic concept ) dapat ditambahkan banyak pergerakan dalam pembuatan game, untuk desain gim , teknik gim, desain level gim, desain narasi gim sudah sangat berkembang di dunia industri, Pemograman gim dapat lebih dikembangkan dengan narasi yang lebih mungkin bisa ditambahkan rintangan yang ada seperti pembuatan rintangan ( obstacle ) lebih ditingkatkan .
Peserta didik harus dapat mengembangkan game menjadi lebih menarik . Untuk 3D mungkin kita bisa menerapkan game 2D bisa ditambahkan game objectivnya menjadi 3D seperti aset karakter. Dalam Audio editing dapat diselipkan Audio Peserta Didik dalam pembuatan game. Kita juga dapat mengembangkan kembali konsep yang ada di 2D menjadi pembentukan aset 3D. Penyelesaian kurikulum pengembangan perangkat lunak dan gim dengan elemen basis data , peserta didik harus mampu mengkonsep struktur basis data baik secara mandiri / berkelompok serta memahami dan menerapkan konsep dasar basis data seperti Pengertian dan tujuan basis data , jenis basis data ( relasional No SQL , Komponen – komponen basis data seperti tabel , field , record , lalu modal – modal data ( ER diagram ) Keamanan basis data seperti konsep keamanan basis data, user authentication dan authorization, access control dan data encryption