Senin s.d Selasa – Tanggal 19 s.d 20 Agustus 2024, SMK PAB 2 HELVETIA Mengadakan Kegiatan Workshop –Refleksi Penggerak Komunitas dan Workshop Penerapan Siklus Inkuiri Dalam Komunitas Belajar .
yang mana menjadi Narasumber : Ibu Dewi Sri Indrianti Kusuma ( BBGP )
Materi Workshop Refleksi Penggerak Komunitas dapat disusun sebagai panduan untuk memfasilitasi penggerak komunitas dalam mengevaluasi peran, tantangan dan capaian mere ka, berikut adalah contoh struktur materi yang bisa digunakan :
- Pendahuluan
- Pengertian penggerak komunitas : Jelaskan peran penggerak komunitas sebagai individu atau kelompok yang berinisiatif mengorganisir dan memobilisasi anggota komunitas untuk mencapai tujuan.
- Pentingnya Refleksi : soroti manfaat refleksi sebagai alat untuk mengukur efektivitas
- Tujuan Refleksi
- Mengidentifikasikan pencapaian yang telah diraih oleh komunitas
- Mengukur tingkat keterlibatan dan partisipasi anggota
- Panduan Refleksi Individu
- Evaluasi peran pribadi : Ajukan pertanyaan seperti : Ada kontribusi saya selama ini ? Bagaimana saya dapat meningkatakan peran saya dalam komunitas ?
- Identifikasi kekuatan dan kelemahan , minta peserta reffleksi untuk mencatat kekuatan yang telah mereka manfaatkan dan kelemahan yang perlu di perbaiki
- Refleksi kolektif
- Diskusi kelompok : Fasilitasi sesi diskusi dimana semua anggota komunitas berbagi pengalaman dan pemikiran mereka.
- Analaisis dampak komunitas : Tinjau dampak dari kegiatan komunitas terhadap anggota dan masyarakat luas
- Penilaian keterlibatan anggota : Diskusikan bagaimana keterlibatan anggota bisa ditingkatkan
- Identifikasi tantangan dan solusi
- Menghadapi hambatan : Bahas tantangan utama yang dihadapi komunitas, seperti kurangnya sumber daya, konflik internal atau perubahan eksternal yang mempengaruhi misi komunitas
- Strategi solusi : Berikan ruang untuk Brainstorning solusi yang dapat diimplementasikan kedepannya.
- Rencana tindakan :
- Merumuskan tujuan baru : Berdasrakan hasil refleksi : , ajak komunitas untuk menetapkan tujuan jangk apendek dan panjang yang baru atau yang diperbaharui
- Penguatan komitmen : Akhiri engan menyusun deklarasi atau pernyataan komitmen bersama yang menegaskan kembali tujuan dan peran setiap anggota dalam komunitas
- Penutup
- Kesimpulan Refleksi : Ringkas hasil utama dari sesi refleksi dan dorong peserta untuk terus melakukan refleksi secara berkala
- Motivasi dan ispirasi : Tutup dengan pesan yang memotivasi penggerak komunitas untuk terus berkontribusi dan berinovasi dalam peran mereka
- Lampiran ( Opsional )
- Alat Refleksi : Formulir atau template yang dapat digunakan oleh pesert auntuk mencatat hasil refleksi mereka.
- Bahan bacaan tambahan : Sumber daya seperti artikel , buku atau video yang dapat memperdalam pemahaman tentang refleksi dan kepemimpinan komunitas.
Materi ini dapat disesuaikan dengan konteks spesifik komunitas anda, termasuk nilai – nilai inti, tantangan lokal dahn sasaran janka panjang komunitas tersebut2 .
Workshop Penerapan Siklus Inkuiri Dalam Komunitas Belajar .
Siklus Inquiri dalam komunitas belajar adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan proses aktif dan kolaboraktif untuk mengekspolarasi, memahami dan memecahkan masalah atau pertanyaan. Siklus ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik melalui ekspolarasi dan refleksi yang mendalam.
Tahapan siklus Inquiry dan penerapannya :
- Menyusun pertanyaan ( Questioning )
- Tujuan : Memulai proses inquiry dengan mengidentifikasi masalah atau pertanyaan yang akan diselidiki
- Penerapan : Anggota komunitas belajar bersama – sam amerumuskan pertanyaan utama yang relevan dan menarik untuk dijawab
- Pengumpulan Informasi ( Investigation )
- Tujuan : Mengumpulkan data dan informasi yamg diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah
- Penerapan : Anggota komunitas belajar melakukan penelitian, membaca literatur, melakukan wawancara atau eksperimen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan mereka
- Menaganilisis danMenginter Prestasi ( Analysis Inter Pretation )
- Tujuan : Mengolah dan Mengalisis data yang telah dikumpulkan untuk menemukan pola, tren atau jawaban
- Penerapan : Setelah data dikumpulkan , peserta menganalisis informasi tersebut, mencoba menghubungkan data dengan pertanyaan awal dan membuat interprestasi yang logis.
- Membuat kesimpulan dan solusi ( cunclosion and Solution )
- Tujaun : Menyimpulkan hasil analysis , anggota komunitas belajar menyusun kesimpulan yang menjawab pertanyaan inquiry , mereka juga bis amengembangkan solusi yang b isa diterapkan pada masalah yang didentifikasi
- Refleksi ( Reflection )
- Tujuan : Menilai proses pembelajaran dan hasil yang diperoleh
- Penerapan : Peserta refleksi mengenal ap ayang telah dipelajari , bagaimana proses berjalan , apa yang telah berhasil dan apa yang perlu diperbaiki , refleksi ini penting untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan pembelajaran di masa depan.
- Berbagi hasil ( sharing )
- Tujuan : Membagikan pengetahuan , temuan dan solusi kepada komunitas yang lebih luas
- Penerapan : Hasil Inquiry dipresentasikan kepada anggota komunitas lainnya. Atau bahkan diluar komunitas belajar. Ini bisa dilakukan melalui persentasi, laporan tertulis atau diskusi kelompok , Berbagi ini tidak hanya memperkarya komunitas, tetapi juga membuka peluang untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif
Manfaatkan penerapan siklus inquiry dalam komunitas belajar
- Meningkatkan keterlibatan : Peserta didik terlibat dalam proses pembelajaran karena mereka segera aktif mengeksplorasi dan mencari jawaban .
- Mengembangkan keterampilan berpikir kritis : Proses inquiry mendorong peserta untuk menganalisis , mengevaluasi dan menginterprestasikan informasi secara kritis
- Memperkuat kolaborasi : Pembelajaran dalam komunitas memungkinkan adanya kerja sama, berbagi ide dan pembelajaran dari satu sama lain.
- Menumbuhkan kreativitas : Siklus Inquiry memberikan ruang untuk berpikir kreatif dalam menemukan solusi terhadap masalah atau pertanyaan.